Atmosfir

FALSAFAH KEBAJIKAN : PEDULI SOSIAL KEMANUSIAAN

FALSAFAH KEBAJIKAN

 

Agama Islam mengajarkan setiap pemeluknya agar memiliki fungsi, rasa atau sikap peduli social dan peduli kemanusiaan, kendati terhadap bukan muslim sekalipun. Peduli social dan kemanusiaan kepada sesama menerbitkan pahala besar dan tinggi nilainya sebagai penolong di saat hari pertimbangan Allah swt. Begitu tingginya perhatian Islam terhadap sikap peduli social kemanusiaan ini, hingga agama ini menempatkannya di tataran awal, baru kemudian setelah itu hubungan ibadah dengan Tuhan (hablum minannas atau hubungan horizontal dan hablum minallah atau hubungan vertikal).

 

Dalam setiap pengamalan hubungan hablum minannas atau hubungan horizontal, Islam mengedepankan nilai lebih atas setiap pahala yang ditumbuhkan. Misalnya, bila seseorang memberikan ikan (makan) seorang fakir miskin, tentu pahalanya besar bagi si pemberi. Tetapi bila yang diberikan tidak hanya ikan tapi juga kail untuk menangkap ikan (alat /sarana mencari makan), maka pahalanya akan lebih besar lagi. Apalagi bila yang diberikan tidak hanya ikan dan kail, tapi juga ketrampilan (ilmu pengetahuan, pendidikan), maka pahalanya jauh lebih besar lagi, bahkan berlipat ganda. Selama ilmu pengetahuan itu bermanfaat dan berkembang terus-menerus, selama itu pula pahalanya mengalir terus-menerus.

 

Islam menghubungkan pahala atas rasa peduli social kemanusiaan ini pada suatu keadaan di mana seseorang yang meninggal dunia dapat terselamatkan di saat hari kiamat (hari pengadilan Allah) sehingga dapat masuk surga, dalam 3 (tiga) perkara, yaitu, (1) selalu berbuat kebaikan atau kebajikan selama hidup di dunia, (2) ilmu pengetahuan yang ditinggalkan dan bermanfaat bagi peradaban manusia, dan (3) anak shaleh yang selalu mengasihi dan mendoakan kedua orangtuanya.

 

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: