Atmosfir

Juli 9, 2011

SBY, HAYOLAH BERTINDAK SESUATU !!

Filed under: Politik — arsyad1952 @ 1:40 am

SBY, HAYOLAH BERTINDAK SESUATU !!

Di pertengahan usia pemerintahannya, Presiden SBY dirongrong oleh begitu banyak kasus korupsi, baik yang dilakukan oleh aparatur birokrasinya, maupun pengurus partainya, Partai Demokrat. Belakangan SBY “gerah” menghadapi menterinya yang mbalelo, karena tidak kurang 50 % perintahnya tidak dijalankan oleh menterinya.

Sikap mbalelo menteri terhadap SBY, sesungguhnya konsekuensi logis dari sikap SBY yang senantiasa ragu-ragu, maju mundur dan tidak tegas dalam mengambil keputusan. Kasus paling gampang isu reshuffle kabinet yang berbuntut anti kimaks sehingga menambah antrean panjang blunder SBY di dalam pengambilan keputusan. Kita mengendus miskinnya sikap kritis, lekas tanggap dan antisipatif dari Presiden atas berbagai persoalan bangsa. Padahal sikap kritis mutlak diperlukan dari seorang Presiden, apalagi terhadap permasalahan bangsa yang bersifat emergensi dan darurat.

Di  tengah situasi dan kondisi peta geopolitik dunia yang sulit diprediksi perkembangan sepakterjangnya, sikap selalu waspada disertai antisipatif tinggi diperlukan guna mengawal jalannya skala agenda nasional, agar selalu dalam keadaan aman. Kita sekarang ini bukan zamannya lagi hidup dalam budaya penuh pertimbangan, timbang kiri timbang kanan, gembar-gembor bikin terobosan tapi kemudian dibatalkan mendadak. Pengalaman sejarah kebangsaan kita membuktikan, indikasi, isyarat atau apapun namanya yang bersandarkan pada alam metafisika non rasional, sejak awal kelahirannya tidak memiliki nilai signifikan dan relevansi dalam pengelolaan peradaban dan kesejahteraan hidup manusia. Hal ini kita ingatkan jikalau saja sikap ragu-ragu yang muncul sedikit banyak berkaitan atau beraspek ke dunia sana.

Saat SBY menyusun komposisi kabinet periode kedua yang mengakomodir hampir seluruh kekuatan parpol di parlemen, kita sudah curiga dan mengendus, SBY lebih mementingkan sekuriti politik kasat mata daripada memilih perang melawan kemiskinan dan jihad terhadap korupsi. Para menteri yang diangkatnya kita indikasi tidak expert dan tidak kapabel. Akibatnya sudah dapat diduga, bidang tugas yang menjadi tanggungjawab dan kewajiban menteri berantakan alias amburadul. Kita tanya, apa kerja Menteri Tenaga Kerja Muhaimin hingga para TKI kita di luar negeri banyak mengalami hukuman mati? Kita tanya, apa kerja Menteri Hukum dan Ham Patrialis hingga para koruptor melenggang buron ke Singapura, sejumlah napi kelas berat bebas pelesiran ke Bali, Macao, kamar LP bagai kamar hotel mewah, dan narkoba beredar bebas di LP? Kita tanya, apa kerja Menteri Perdagangan Mari Pangestu sehingga masyarakat kecil terus diteror oleh kenaikan harga beras dan sembako terus menerus? Apa kerja Menteri Perhubungan sehingga kondisi transportasi rakyat makin parah?

SBY tidak boleh cuek berkepanjangan. Kita ingatkan ini supaya dia tersentak. Sikap ragu-ragu, penuh pertimbangan, campakkan saja ke keranjang sampah. Rakyat tengah tercekik oleh kesusahan hidup stadium mematikan. Rantai besi parpol yang membelenggu kursi R-1, tetakkan saja dengan kapak legitimasi rakyat yang terselip di pinggangmu.

Waktumu tinggal sedikit lagi. Hayo berbuatlah sesuatu !! Tidak mungkin lagi wasit sepakbola menambah perpanjangan waktu. Skor sudah sangat kritis. Ataukah kau biarkan rakyat gigit jari menyaksikan punggungmu saat kau turun dari panggung kekuasaan?!  (Sanusi Arsyad)

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: